- BERITA

Pertemuan ke-1 JLPPMHP Tahun 2018 di Dinas Perikanan Kota Probolinggo

Pertemuan pertama JLPPMHP pada tahun 2018 dilaksanakan di Ruang Pertemuan IBAP Probolinggo, Jl. Anggrek no 4 Probolinggo. Pertemuan dihadiri oleh Kepala BKIPM Juanda, Kepala Dinas Perikanan Probolinggo, Ketua JLPPMHP, Prof. Kurniasih dari UGM, serta seluruh perwakilan anggota jejaring laboratorium se-Jawa Timur. Dapat diinformasikan bahwa pada awal tahun 2018 ini, anggota jejaring telah mencapai 41 laboratorium dan balai yang berasal dari pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi di Jawa Timur.

Acara pertemuan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan acara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi bertajuk Program dan Kegiatan Pengelolaan Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya yang disampaikan oleh Saadah Mukadar, A.Pi, MT (Kepala Seksi Kesehatan Ikan dan Lingkungan Budidaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur). Dalam materi tersebut disampaikan bahwa laboratorium sebagai instrumen strategis berperan penting dalam upaya meningkatkan mutu, menjamin keamanan dan kesehatan produk budidaya melalui 5 sehat :

  • Sehat lingkungan budidaya
  • Sehat proses produksi
  • Sehat ikannya
  • Sehat produk dan
  • Sehat usaha

Materi kedua selanjutnya disampaikan oleh Dr. Ir. Maftuch, M.Si dari Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya dengan tema Pengenalan gerakan vaksinasi di lingkungan budidaya. Penjelasan dimulai dengan pembahasan terkait definisi vaksinasi, sejarah, teknik vaksinasi baik aktif maupun pasif, persiapan antigen sebagai vaksin, parameter ukur vaksinasi sampai dengan imunologi di dunia perikanan. Materi ini cukup menarik sehingga beberapa peserta antusias untuk menanggapi dan bertanya terkait materi tersebut. Pada sesi ini, Prof. Kurnasih juga menegaskan bahwa vaksinasi merupakan perlakuan yang “temperate dependent“, dimana keberhasilan vaksinasi bergantung pada temperatur organisme, sehingga perlu adanya penyesuaian suhu lingkungan sebelum dilakukan vaksinasi pada ikan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus jurnal jejaring laboratorium. Pengurus ini nantinya bertugas dalam mengelola jurnal yang digunakan sebagai output JLPPMHP dan wadah bagi para anggota untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh masing-masing instansi. Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai KIPM Kelas I Surabaya I melantik Bapak Dwi Laksono dari Politeknik KP Sidoarjo sebagai Jurnal Manager.

Setelah selesai ishoma, acara dilanjutkan dengan materi praktek vaksinasi. Dr. Ir. Maftuch, M.Si didampingi oleh mahasiswa S3 dari UB menyampaikan tahap-tahap yang perlu dilakukan dalam melakukan vaksinasi. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Praktek uji coba vaksinasi dengan injeksi intra-peritoneal dan intra-muscular dilakukan terhadap ikan indukan. Sedangkan vaksinasi dengan metode perendaman diujicobakan pada benih ikan lele.

Sebelum acara ditutup, Ketua dan Sekretaris JLPPMHP menyampaikan beberapa pengumuman terkait program-program JLPPMHP. Salah satunya tentang pelaksanaan pertemuan lanjutan JLPPMHP yang akan dilaksanakan di PT. Angler Biochem Laboratorium Surabaya.

Materi yang disampaikan oleh ketiga narasumber dapat diunduh di link berikut:

MATERI kebiijakan Lab KESLING JATIM 2018

PENGENALAN GERAKAN VAKSINASI di Lingk Budidaya

Teknik Vaksinasi Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *