Menteri Susi : Indonesia Harus Fokus Wujudkan Poros Maritim – Jejaring Lab

Tambak Udang

Menteri Susi : Indonesia Harus Fokus Wujudkan Poros Maritim

KKPNews,  Jakarta – Pencapaian kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam memberantas Illegal Unreported and Unregulated (IUU) Fishing tentunya tidak lepas dari peran Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal (Illegal Fishing) atau Satgas 115 sebagai eksekutor penegakan kedaulatan di perairan Indonesia.

Kinerja Satgas 115 pun telah membuahkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti selaku Komandan Satgas 115 mengatakan, apresiasi tersebut akan menjadi pacuan kinerja KKP dan Satgas 115 semakin giat memberantas illegal fishing.

“Satgas 115 telah diapresiasi Pak Pesiden, ini tentu saja memacu semangat kita. Saya yakin apresiasi Pak Presiden karena kinerja Satgas 115 telah dinilai sangat bagus”, ungkap Susi saat membuka Rakornas Satgas 115 di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (29/6).

Susi mengatakan, Satgas 115 telah melakukan kegiatan pemantauan yustisia, yakni dalam penanganan korban perdagangan orang di Benjina, Ambon dan Pontianak. Jumlah korban perdagangan orang secara keseluruhan dari tiga wilayah tersebut adalah 1.152 korban.

Selain itu, Ia juga mengatakan saat ini pemerintah sudah terbukti sangat kompak, terutama dalam tubuh Satgas 115. “Sekarang pemerintah dan bernagai instansi sangat kompak. Dimana di situ ada Polri, Bakamla, Baharkam dan TNI AL. kekompakkan itu pun mendapat pujian dari Bapak Presiden”, lanjut Susi.

Menteri Susi menegaskan, saat ini Indonesia harus menjadi maritime axis (poros maritim). Dimana Indonesia nantinya menjadi perhatian dunia karena potensi kelautan dan perikanan yang dimiliki. “Sekarang yang harus ditanamkan adalah maritim axis. Kita bukan bagian dari silk road, bukan juga bagian dari obor.  Tapi poros maritim. Berarti pusat. Kita bukan kepanjangan dari fakta-fakta lainnya. Indonesia merupakan maritime axis. Ini yang saya artikan poros maritim dunia”, ungkapnya.

Pada Rakornas yang dihadiri 303 peserta ini, Susi berharap, bangsa Indonesia dapat berdaulat di lautnya. “Saya berharap, nantinya bangsa Indonesia dapat mengemban amanat ketegasan bangsa setelah ini. Sehingga dapat membuat bangsa ini bangga. Kita sudah buktikan di laut, kita bisa mengusir ribuan kapal, dengan satu isu yang luar biasa. Illegal Fishing No More! “, pungkasnya.

(MD/DS)

image_print

Sumbwe Berita : http://kkp.go.id/index.php/berita/menteri-susi-indonesia-harus-fokus-wujudkan-poros-maritim/

Post Comment